Apa Saja Fungsi Utama Jembatan?

Jembatan merupakan salah satu medi transportasi yang penting dalam aktifitas lalu lintas. Pemerintah bahkan secara khusus menganggarkan dana untuk pembangunan jembatan setiap tahunnya. Terdapat berbagai macam jenis jembatan yang dibangun dan digunakan di seluruh dunia.Mulai dari jenis Beam Bridge atau biasa disebut dengan jembatan Grider.

Jembatan ini merupakan jembatan paling sederhana di dunia. Kemudian ada juga Truss Bridge yang merupakan versi lain dari Beam Bridge namun lebih kokoh. Selain itu, ada juga jenis Arch Bridge atau jembatan lengkung.Seperti namanya, jembatan lengkung ini memiliki bentuk yang melengkung setengah lingkaran yang menyerupai sebuah panahan atau parabola.

Meskipun Arch Bridge ini lebih rumit karena membutuhkan waktu yang lama dalam pembangunannya.Namun jembatan ini lebih sedikit dananya jika dibandigkan dengan model jembatan lainnya.Lalu, ada juga Suspension Brige atau disebut jembatan gantung.Jembatan ini didesai seperti menara yang mana terdiri dari tali, kabel, serta jangkar untuk mengurangi tegangan dan kompresi.

Setelah mengetahui, jenis-jenis jembatan, lantas apa saja fungsi dari jembatan. Nah, fungsi utama dari jembatan adalah sebagai berikut:

  • Sebagai alat penyeberangan

  • Sebagai sarana infrastruktur

  • Sebagai penghubung dua ruas jalan yang dilalui rintangan

  • Meningkatkan perekonomian Negara, sebab akses untuk mengankut barang dan permintaan jasa menjadi lebih mudah

  • Meningkatkan perekonomian masyarakat, karena banyak kawasan sekitar jembatan dijadikan lokasi pariwisata